Bukan hanya resepsi pernikahan saja, calon pengantin juga harus segera mempersiapkan tempat tinggalsetelah menikah. Memang banyak pasangan baru yang memutuskan untuk tetap tinggal dengan orangtua, tapi jika Anda ingin mencoba lepas dari orangtua dan hidup mandiri, Apartemen Jakarta bisa jadi solusi tempat tinggal pertama setelah menikah. Nah, bagaimana caea tepat memilih apartemen agar tidak “zonk” nantinya? coba simak beberapa tips dibawah ini !

  • ¬†Cari yang sesuai dengan budget

Pertama-tama, Anda harus menetapkan berapa budget Anda untuk menyewa apartemen. Kemudian perhatikan harga beli apartemen dengan teliti. Unit apartemen yang berbeda memiliki harga yang berbeda. Perbedaan harga biasanya dipengaruhi oleh beragam faktor seperti lokasi, view, letak lantai, dan fasilitas yang tersedia. Namun jangan langsung menganggap semakin mahal apartemen pasti akan semakin nyaman, cari tahu dulu lebih lanjut tentang apartemen tersebut.

  • Tentukan lokasi

Sama halnya menyiapkan budget, menentukan lokasi apartemen juga penting dilakukan. Sebenarnya akan semakin baik jika lokasi apartemen dekat dengan lokasi Anda bekerja. Namun, biasanya harga apartemen yang dekat dengan CBD (Central Business District) cenderung tinggi. Sebagai solusi, Anda memilih apartemen yang lebih jauh dengan kantor tetapi harganya lebih murah. Namun pastikan bahwa akses kendaraan umum, supermarket, dan fasilitas lainnya mudah dijangkau.

  • Pastikan lahan parkir cukup

Salah satu hal yang paling dikeluhkan oleh penghuni apartemen adalah sempitnya lahan parkir. Nah, jangan sampai Anda memilih apartemen yang lahan parkirnya sempit agar tak perlu ribet mencari tempat parkir setiap keluar-masuk gedung apartemen.

  • Reputasi developer

Berbeda dengan rumah, ketika tinggal di apartemen berarti Anda bergantung penuh dengan developer. Pastikan apartemen yang Anda pilih nanti dibuat oleh developer yang memiliki reputasi baik. Bagaimana cara mengetahuinya? Anda bisa mencari tahu kredibilitas developer dari Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSSI). Tak lupa juga Anda perlu mengecek berbagai sertifikat penting seperti surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Surat Izin Penggunaan Penunjukan Tanah (SIPPT), misalnya.

  • Ketahui metode pembayaran

Setelah menemukan unit apartemen yang sesuai dengan kriteria, Anda juga harus memerhatikan cara pembayaran. Ketahui keuntungan dan kelemahan masing-masing metode pembayaran. Misalnya saja jika membayar secara cash, Anda bisa mendapatkan diskon hingga 20%.

Semoga bermanfat!