Lantai di rumah sangat berpengaruh terhadap kenyamanan setiap penghuni. Artinya, pemilik rumah harus memerhatikan jenis dan bahan dasar lantai yang akan digunakan seperti apa. Setiap jenis lantai memiliki tekstur, ketahanan dan motif bentuknya masing-masing. Jadi, bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki supaya tidak membuat kantong menjadi bolong. Mengutip dari Solopos.com, sebelum menentukan jenis lantai untuk rumah, yuk simak penjelasan dari dekoruma.com mengenai jenis-jenis lantai rumah berdasarkan bahannya

1. Lantai keramik
Desain lantai keramik adalah yang paling banyak ditemui di rumah-rumah. Salah satu alasannya adalah karena banyak motif keramik lantai yang menarik. Lantai keramik cocok digunakan pada kamar mandi minimalis karena tidak menyerap banyak air, pilihlah yang teksturnya agak kasar supaya tidak licin.
2. Lantai batu alam

Desain lantai batu alam termasuk salah satu yang teruji keawetannya. Ada beragam jenis batu alam yang cocok untuk masing-masing fungsi ruang berdasarkan sifat dan teksturnya. Meski lantai batu alam termasuk mudah dibersihkan, namun kamu harus berhati-hati karena batu alam lebih mudah menyerap noda. Sebaiknya kamu tidak menggunakan di ruang yang mudah terkena noda seperti dapur.

3. Lantai marmer
Marmer merupakan jenis batu alam yang relatif lebih mahal daripada jenis batu alam lainnya. Bukan hanya untuk lantai, keramik batu alam jenis ini pun sering dijadikan pemanis dalam interior rumah. Kelebihan dari desain lantai marmer adalah motif dan warna cukup beragam dan polanya yang menyambung. Lantai marmer juga sangat kuat dalam menahan beban berat dan tahan terhadap api. Tapi ingat, jangan pasangkan lantai marmer untuk outdoor karena mudah berjamur dan memudar jika sering terkena sinar matahari.
4. Lantai kayu
Desain lantai kayu yang hangat dan alami pas sekali jika dipasang pada kamar tidur. Selain itu lantai kayu tahan terhadap perubahan suhu sehingga nyaman ketika diinjak. Supaya lantai kayu tahan terhadap goresan dan tidak mudah keropos, mengaplikasikan pelapis adalah sebuah keharusan.
5. Lantai batu-bata

Batu-bata terbuat dari tanah liat yang dibakar. Lantai tanah liat bersifat mudah dibentuk, termasuk meniru desain lantai kayu. Desain lantai tanah liat cocok diaplikasikan di ruangan yang terkena banyak air seperti kamar mandi. Selain memberikan kesan natural yang adem, lantai tanah liat juga mudah dibersihkan.

Artikel ini telah tayang di https://economy.okezone.com/
dengan judul “7 Jenis-Jenis Lantai dan Keuntungannya : Okezone Economy”,
Klik untuk baca: https://economy.okezone.com/read/2021/08/28/470/2462538/7-jenis-jenis-lantai-dan-keuntungannya.

Download aplikasi Okezone Portal Berita Online Indonesia , Lengkap Cepat Beritanya:
Android: https://play.google.com/store/apps/details?id=linktone.okezone.android
iOS: https://apps.apple.com/us/app/okezone-com-news/id624468351