Anda pasti sering mendengar tipe hunian yang disebut dengan “rumah hook”, bukan? Ya, banyak pengembang perumahan menawarkan rumah ini karena memiliki beberapa keuntungan seperti nilai investasi yang tinggi.

Meskipun begitu, terdapat pula yang mengatakan bahwa rumah hook menurut feng shui membawa nasib kurang baik bagi pemiliknya. Benarkah begitu? Langsung saja cari penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Arti Rumah Hook?

Rumah sudut, corner lot, atau dikenal juga sebagai rumah hook adalah rumah yang terletak di ujung perumahan dengan 2 sisi terbuka. Dua sisi inilah yang membedakan rumah sudut atau hook dengan rumah lainnya. Dua sisi terbuka menghadap ke arah jalan dan dua sisi lainnya menghadap rumah tetangga.

Istilah hook sendiri berasal dari bahasa Belanda hoek yang berarti sudut atau pojok. Namun, karena salah kaprah, istilah rumah hook sudah terlanjur lebih dikenal.

Keuntungan Rumah Hook Dibandingkan Rumah Lain

Jika Anda berencana untuk membeli rumah yang posisinya tepat di sudut jalan, maka beberapa keuntungan rumah hook berikut tak boleh dilewatkan.

Lebih Besar dan Lebih Luas

Rumah jenis ini umumnya memiliki ukuran lahan yang luas. Hal tersebut dikarenakan lahannya tidak dibatasi oleh dinding rumah tetangga. Dengan lahan yang besar, tentunya Anda dapat merancang tempat tinggal idaman tanpa batas.

Memiliki Lebih Banyak Lahan untuk Hiburan yang Menyenangkan

Dengan lahan yang cukup luas, Anda dapat memanfaatkannya untuk dijadikan tempat berkebun, olahraga atau tempat berkumpul keluarga.

Kemudahan Renovasi Rumah

Karena letaknya di sudut atau pojok jalan, maka Anda bisa melakukan renovasi tanpa mengganggu tetangga.

Sirkulasi Udara yang Lancar

Di kompleks perumahan yang berderet, udara hanya bisa masuk dari depan dan belakang rumah. Dengan dua sisi yang terbuka, sirkulasi udara akan lebih lancar.

Hemat Listrik dan Penerangan

Dengan lahan yang terbuka, tempat tinggal model hook jauh dari kesan sumpek. Dengan area samping dan depan terbuka, sirkulasi udara yang bagus dapat membawa hawa sejuk. Selain sirkulasi udara, cahaya alami juga lebih mudah masuk. Rumah jenis ini tidak membutuhkan AC atau lampu yang banyak, sehingga bisa hemat listrik dan penerangan.

Potensial sebagai Lokasi Bisnis

Dengan lokasi yang strategis, rumah berjenis hook memiliki potensi yang bagus sebagai lokasi bisnis skala kecil maupun besar. Anda dapat memulai berbagai jenis usaha seperti toko, warung makan atau juga perkantoran.

Nilai Investasi yang Semakin Naik

Harganya memang tinggi dan terus melambung karena lahan yang lebih luas. Maka dari itu, rumah tipe hook cocok dijadikan sebagai sebuah investasi dengan pangsa pasar dan permintaan yang tinggi. Anda juga bisa menyewakannya dengan harga yang cukup menguntungkan.