Memorandum of Understanding atau MoU adalah istilah yang akan sering Anda temukan dalam dunia bisnis. Dalam praktiknya, pengertian memorandum of understanding merupakan konsep pemahaman atas suatu hal yang terjadi antara dua pihak.

Namun bukan surat pemahaman biasa, melainkan ada beberapa komponen penting yang harus tertera dalam contoh MoU. Nah, coba baca artikel Prospeku di bawah ini untuk lebih memahami seperti apa contoh, fungsi, dan pengertian memorandum of understanding dalam dunia bisnis!

Apa itu MoU (Memorandum Of Understanding)?

MoU adalah kependekan dari Memorandum of Understanding yang merupakan salah satu jenis surat formal. Biasanya pengadaan MoU adalah langkah awal yang dilakukan dalam proses negosiasi suatu transaksi bisnis.

Contoh MoU kerjasama bukan sesuatu yang punya kekuatan secara hukum, melainkan hanya ada tanggung jawab moral yang harus diemban pihak satu dan dua. Dalam arti lain, ada rasa dan komitmen untuk tidak membatalkan transaksi secara sepihak dengan mudah.

Fungsi MoU (Memorandum Of Understanding)

Negosiasi dengan menggunakan contoh MoU adalah hal yang tepat untuk meminimalisir terjadinya ketidakpastian sebuah transaksi. Dengan begitu, baik pihak penjual atau pembeli akan lebih merasa nyaman satu sama lain. Bukan hanya itu, ada sejumlah fungsi MoU lainnya yang bermanfaat bagi perjalanan bisnis Anda seperti:

  1. Menyatukan tujuan kedua pihak dalam satu hubungan bisnis
  2. Menjadi gambaran umum bagaimana kontrak bisnis akan berjalan ke depannya
  3. Mengurangi resiko yang dapat terjadi di tengah hubungan bisnis
  4. Sebagai bukti negosiasi awal dalam transaksi
  5. Mempermudah pemutusan hubungan jika terjadi ketidaksesuaian, karena hukum tidak menjadi pengikat