Kira-kira bisa dibuat seperti apa, ya, laundry room dengan lahan terbatas? Berikut ini beberapa inspirasi ruang cuci minimalis untuk lahan sempit yang cocok untuk rumah milenial!

1. Ruang cuci simpel dengan jemuran dinding

Ide Ruang Cuci di Lahan Sempit
Source: Maris Space

Menjemur pakaian di lahan sempit memang penuh dengan tantangan. Kamu bisa memanfaatkan sisa lahan di rumah untuk disulap menjadi ruang cuci dan jemur minimalis. Gunakan juga rak tingkat untuk meletakkan berbagai keperluan mencuci pakaian seperti detergen dan pelembut pakaian.

Untuk menghemat lahan, pilihlah jemuran dinding yang dapat diatur ukurannya seperti pada gambar di atas. Penggunaan alas rumput imitasi membuat lahan tidak becek akibat tetesan air cucian, tuh.

2. Laundry room minimalis

Ide Ruang Cuci Jemur
Source: Instagram.com/ruangcucimungil/

Bagian belakang rumah, tuh, memang paling pas disulap menjadi ruang cuci minimalis. Untuk meminimalisasi genakan air karena air cucian, pilihlah keramik lantai yang anti licin. Pel penyerap air juga bisa jadi solusi bila lantai terlalu basah.

Untuk menjemur pakaian, gunakan jemuran pakaian lipat atau jemuran dinding. Kamu juga bisa menghias bagian luar mesin cuci agar terlihat lebih menarik, tuh.

3. Laundry room fungsional

Ide Ruang Cuci di Lahan Sempit
Source: Pinterest

Inspirasi lainnya untuk ruang cuci minimalis di lahan sempit adalah dengan menggunakan jemuran gantung di bagian atas ruangan. Letakkanlah mesin cuci di sudut ruangan agar area lain dapat difungsikan secara maksimal.

Untuk menjemur pakaian, pasanglah jemuran gantung di bagian atas sehingga baju dapat kering lebih cepat. Penggunaan batu kerikil sebagai alas menjemur membuat area bebas dari air menggenang karena tetesan air dari baju basah. Kamu juga bisa memanfaatkan lahan bagian bawah menjadi kebun kecil, lho.

 

4. Laundry room full keramik dinding

Ide Ruang Cuci di Lahan Sempit
Source: Maria Space

Jika kamu lebih menyukai area kamar mandi untuk mencuci pakaian, mungkin ruang cuci minimalis satu ini bisa menjadi inspirasi. Alih-alih meletakkan mesin cuci di dalam kamar mandi, kamu bisa menyulap laundry room menjadi seperti kamar mandi seperti pada gambar di atas.

Tambahan beberapa tanaman hijau seperti sukulen membuat ruangan mencuci jadi lebih segar dan menarik. Kamu juga bisa menggantung pajangan dinding di laundry room, lho.

5. Ruang laundry sekaligus ruang penyimpanan

Ide Ruang Cuci di Lahan Sempit
Source: Pinterest

Area mencuci minimalis juga bisa digunakan untuk berbagai kepentingan, lho. Mulai dari tentu saja mencuci, menjemur pakaian, berkebun, hingga menyimpan berbagai peralatan kebersihan seperti sapu dan pel lantai.

Bagian atap lebih baik dibiarkan terbuka agar cahaya matahari dan udara dapat masuk. Sehingga, pakaian lebih cepat kering dan udara di dalam ruangan tidak pengap. Bila khawatir air hujan masuk, dapat dipasangi plafon tembus pandang agar cahaya matahari tetap dapat masuk ke ruangan.


Itulah beberapa ide ruang cuci minimalis yang cocok dijadikan inspirasi bagi kamu yang memiliki rumah dengan lahan terbatas. Selain di area belakang rumah, ruang cuci juga bisa diletakkan di dekat kamar mandi. Kalau punya ruang cuci minimalis dan rapi seperti ini, kamu jadi nggak malas mencuci pakaian, kan?