Tanpa disadari, kita kerap menyimpan barang yang semakin banyak jumlahnya sehingga membutuhkan tempat penyimpanan yang lebih. Padahal, rumahmu sudah tidak mungkin lagi menampung lemari atau rak karena space yang terlalu sempit. Belum lagi, untuk mendapatkan tempat penyimpanan seperti lemari dan rak kamu harus mengeluarkan banyak biaya. Kalau rumahmu bertingkat, sudah pasti kamu memiliki tangga di dalam rumah. Sebenarnya, kamu sangat beruntung karena bisa memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga. Jika kamu jeli, kamu bisa memberikan space yang lebih untuk ruangan di rumahmu dengan memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga.

Kamu juga bisa membuat rumah tampak lebih elegan jika bisa mendekorasi ruang bawah tangga. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga. Misalnya dengan membuat lemari bawah tangga, rak buku, ruang membaca, tempat mencuci dan lain sebagainya. Kali ini, SpaceStock akan memberikan seputar tips hunian berkenaan dengan ide jenius memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga.

Lemari Bawah Tangga

immediate.co.uk

Lemari di dalam kamarmu mungkin sudah tidak cukup lagi menyimpan pakaian. Apalagi kalau kamu punya berbagai macam pakaian koleksi yang harus disimpan dan dipakai jika diperlukan. Sebenarnya, kamu tidak perlu pusing memikirkannya. Kamu bisa memanfaatkan bagian bawah tangga dengan membuat lemari bawah tangga. Lemari ini bisa kamu pakai untuk menyimpan berbagai macam koleksi pakaianmu.

Untuk membuat lemari bawah tangga, ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan. Jika kamu ingin membuat sendiri, maka kamu harus membuat desain yang disesuaikan dengan ukuran ruangan di bawah tangga agar pemanfaatannya bisa maksimal. Selain itu, kamu harus menentukan bahan untuk membuatnya. Bahan yang paling cocok untuk lemari bawah tangga adalah kayu karena bersifat kuat dan mudah dibentuk. Tapi, jika kamu repot dan tidak sempat membuat sendiri, kamu bisa memanfaatkan jasa pembuat lemari bawah tangga. Kamu bisa mencari jasa tersebut dengan mudah melalui internet.

Ada banyak desain yang bisa kamu pilih. Ada lemari bawah tangga dengan desain tertutup dan ada juga yang desainnya terbuka. Begitu pula dengan pilihan tipe pintunya, kamu bisa pilih tipe 1 pintu, 2 pintu, hingga 3 pintu. Tapi, semua desain tetap dipengaruhi oleh kondisi ruangan bawah tangga di rumahmu.

Rak Buku

lemari bawah tangga
gettyimages

Inspirasi jenius memanfaatkan ruang bawah tangga selain untuk lemari bawah tangga adalah dengan menjadikan rak buku. Jika di rumahmu ada anak yang sedang sekolah, pasti kebutuhan buku sangat banyak. Rak buku di kamarnya mungkin sudah tidak cukup lagi sehingga buku malah jadi berantakan di dalam kamar. Begitu juga kalau kamu kolektor buku yang sangat senang mengoleksi dan membaca buku. Bisa jadi kamu kehabisan tempat untuk menyimpan buku koleksimu.

Jika kondisi ini kamu alami, kamu bisa memanfaatkan ruang bawah tangga untuk rak buku, lho. Buku-buku bisa tetap tertata rapi dan ruangan juga akan tampak cantik. Selain itu, dengan menata buku di rak bawah tangga, ternyata bisa meredam suara bising dengan baik. Jadi, ada banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan kalau memanfaatkan ruang bawah tangga untuk buku. Untuk membuatnya tidak sulit, kamu hanya perlu membuat desain dan menyediakan bahan serta alat untuk membuatnya. Ada banyak desain yang bisa kamu pilih, baik yang kompatibel maupun yang menyatu dengan dinding. Kamu bisa menata buku-buku di rak tersebut dengan rapi supaya saat dibutuhkan, buku tersebut mudah ditemukan.

Ruang Membaca

Real Homes

Setelah kamu menemukan tempat untuk menyimpan buku, kamu juga bisa memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga untuk rak buku sekaligus ruang membaca. Kamu hanya perlu membuat rak sedikit lebih tinggi dan disediakan kursi atau sofa di bawahnya. Susunan yang rapi tentu akan membuat kamu lebih nyaman saat membaca. Tapi, jangan lupa untuk pencahayaannya. Pastikan lampu cukup terang supaya kamu bisa jelas saat membaca buku. Kebiasaan membaca buku di tempat yang redup akan berdampak pada kelainan mata.

Ruang Kerja

Jika kamu orang yang sibuk bekerja di rumah atau freelancer yang menjadikan rumah sebagai tempat kerja, maka kamu bisa memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga untuk ruang kerja. Kondisi rumahmu mungkin tidak mendukung untuk menyediakan ruang kerja pribadi. Kamu juga mungkin merasa kalau kerja di dalam kamar akan kurang semangat. Kamu bisa coba suasana berbeda dengan bekerja di bawah tangga.

Buat meja dengan ukuran sedang yang ditempelkan di dinding dan tangga, kemudian sediakan kursi menghadap ke meja. Jika kamu kreatif, kamu bahkan bisa meletakkan monitor dan komputer untuk bekerja. Di bagian atas bisa kamu jadikan rak untuk menyimpan beberapa keperluan kerja. Ketika kamu menjadikan ruang bawah tangga untuk ruang kerja, kamu harus menggunakan cahaya yang terang supaya pekerjaan bisa dilakukan dengan nyaman.

Rak Sepatu

lemari bawah tangga
Smart Storage

Semakin banyak anggota keluargamu, pasti kebutuhan alas kaki semakin bertambah. Daripada sepatu dan sandal berantakan di luar rumah, maka kamu bisa memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga untuk menyimpan sepatu. Bawah tangga merupakan salah satu tempat yang cenderung terjaga kelembabannya karena dihimpit dengan dinding dan anak tangga. Maka dari itu, sepatu yang disimpan di bawah tangga tidak akan mudah berjamur meskipun disimpan dalam waktu yang cukup lama. Tapi, pastikan kamu menjaga kebersihannya agar kecoa atau tikus merusak sepatumu.

Laci

lemari bawah tangga
amazonaws

Kamu mungkin membutuhkan tempat yang cukup untuk menyimpan beberapa benda kecil. Misalnya ATK, obat-obatan, dokumen, dan lain sebagainya. Kamu bisa membuat laci di bawah anak tangga untuk menyimpan benda-benda tersebut. Selain benda-benda tersebut bisa tersimpan dengan aman, kamu juga menghemat penggunaan ruangan karena tidak membutuhkan furniture besar untuk menyimpan benda-benda tersebut.

Tempat Mencuci Pakaian

lemari bawah tangga
Houzz

Kalau tangga di rumahmu dekat dengan dapur atau kamar mandi, maka kamu sangat beruntung karena bisa menghemat tempat untuk mencuci pakaian. Bawah tangga yang kosong bisa kamu gunakan untuk meletakkan mesin cuci. Jadi, kegiatan bersih-bersih pakaian akan jauh lebih mudah. Kamu juga bisa memberikan space lebih di ruangan rumah karena tidak lagi butuh tempat khusus untuk mencuci pakaian.

Itulah tips hunian dari SpaceStock berkenaan dengan ide jenius memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga. Kamu bisa membuat ruang bawah tangga lebih bermanfaat dan fungsional dengn membuat lemari bawah tangga, rak buku, ruang membaca, dan lain sebagainya.