Kredit Pemilikan Tanah

Untuk mengajukan KPT, ini dia beberapa langkah dan cara mengajukan Kredit Pemilikan Tanah yang bisa kamu lakukan:

1. Cari Tau Bank yang Menawarkan KPT

Memang tidak banyak bank yang menawarkan Kredit Pemilikan Tanah. KPT tidak sepopuler dan sebanyak KPR ataupun KPA. Karena itu, memang butuh sedikit riset dan browsing untuk mendapat bank yang tepat. Bisa juga dengan mendatangi langsung bank tertentu untuk menanyakan program ini.

2. Siapkan Dana untuk Uang Muka

Untuk mengajukan Kredit Pemilikan Tanah, syarat utamanya adalah menyetorkan uang muka sebesar 30% dari harga tanah. Karena itu, penting untuk tau pasti harga tanah yang diincar. Lalu membuat perhitungan sendiri terlebih dahulu sebelum mengajukan kredit ke bank.

Misalnya, tanah yang akan dibeli berharga Rp 600 juta. Maka kamu harus menyiapkan dana sebesar Rp 180 juta sebelumnya.

3. Ketahui Syarat-Syarat Pengajuan KPT

Selain syarat utama berupa uang muka, masih ada syarat-syarat lain dalam mengajukan Kredit Pemilikan Tanah. Syaratnya yaitu:

  • minimal berusia 21 tahun atau sudah menikah
  • usia maksimal 50 tahun saat mengajukan KPT
  • setidaknya telah 2 tahun bekerja sebagai karyawan tetap sebuah perusahaan.

Jika kamu sudah memenuhi syarat-syarat di atas, maka proses pengajuan KPT akan lebih lancar dn cepat diproses.

4. Siapkan Dokumen yang Harus Dibawa

Seperti halnya dalam proses pengajuan kredit atau pinjaman jenis apapun, pasti ada beberapa dokumen yang harus disiapkan oleh calon peminjam. Agar pengajuan kredit lancar, jangan lupakan dokumen berikut saat hendak mengajukan KPT ke bank:

  • Kartu Keluarga (KK)
  • fotokopi KTP pemohon
  • fotokopi NPWP pemohon
  • akta nikah atau akta cerai
  • buku rekening tabungan, yang di dalamnya terdapat kondisi finansial pemohon selama 3 bulan terakhir saat mengajukan kredit
  • dokumen kepemilikan agunan (PBB, SHM, IMB)
  • jika kamu seorang wiraswasta, maka butuh bukti transaksi keuangan usaha, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP).

5. Mengajukan Kredit Pemilikan Tanah ke Bank

Semua syarat dan dokumen yang sudah disebutkan di atas bisa kamu lengkapi? Oke, saatnya mengajukan kredit ke bank pilihanmu yang menyediakan fasilitas KPT. Di bank, kamu hanya perlu mengisi formulir permohonan KPT dan menyerahkan dokumen yang sudah disiapkan. Lalu tinggal menunggu permohonanmu diproses.

Proses pengajuan hingga mendapat jawaban dari bank biasanya membutuhkan waktu 2 minggu hingga 1 bulan. Karena KPT termasuk jenis pinjaman yang besar, maka pihak bank lebih teliti mengecek semua dokumen.

Selain itu, bank juga akan mempertimbangkan beberapa hal, seperti luas tanah. Lokasi juga penting, apakah tanah tersebut ada di pinggir jalan atau masuk ke dalam jalan/gang. Pertimbangan yang ketiga adalah harga pasaran tanah, terutama di lokasi yang sama.

Banyak hal yang harus diperhatikan dengan baik sebelum memutuskan membeli tanah. Agar bisa lancar mengajukan Kredit Pemilikan Tanah, jangan sampai lengah mengecek kelengkapan dokumen tanah dan hal-hal penting yang telah disebutkan di atas.