Lantai Apartemen Atas Atau Bawah

Mau pilih lantai apartemen atas atau bawah? Jangan bingung ya! Memilih hunian tempat tinggal yang sesuai selera merupakan hal susah-susah gampang. Setiap orang akan mengutamakan tingkat kenyamanan di samping permasalahan harga. Apalagi apabila yang disewa adalah hunian vertikal seperti apartemen, banyak hal yang harus dipertimbangkan.

Lantai Apartemen Atas Atau Bawah

Memilih apartemen tidak sebatas fasilitas, kenyamanan, lokasi, dan harga saja. Namun posisi lantai ruangan apartemen juga harus dipertimbangkan. Biasanya, dalam menentukan lantai apartemen atas atau bawah, seseorang akan mempertimbangkan posisi dan juga arah hadap sebuah hunian di apartemen. Bahkan arah hadap dan lantai juga akan menentukan kisaran harga sewanya. Apartemen dengan view yang menarik tentu harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan apartemen posisi biasa atau standar.

Lantai Apartemen Atas Atau Bawah

Dengan demikian, pemilihan lantai sangat mempengaruhi kenyamanan dan selera seseorang dalam memilih hunian apartemennya. Berikut ini akan dibahas keunggulan dan kekurangan masing-masing agar lebih mudah mau memilih apartemen lantai apartemen atas atau bawah?

Lantai Apartemen Atas Atau Bawah

Lantai Atas Apartemen

Lantai Atas Apartemen - Lantai Apartemen Atas Atau Bawah

Umumnya seseorang akan tertarik dengan tawaran lantai atas daripada lantai bawah, karena lantai atas menghadirkan pemandangan indah dan menarik. Bisa dibilang bahwa lantai atas lebih diminati daripada lantai bawah.

Lantai Apartemen Atas Atau Bawah

Namun tetap saja semua ada resikonya, tentu ada kelebihan dan kekurangan yang akan diperoleh bagi penghuninya. Apartemen posisi lantai atas juga memiliki keunggulan dan kelebihan. Berikut ini adalah beberapa Kelebihan dan kekurangan tinggal di apartemen lantai atas.

Lantai Apartemen Atas Atau Bawah

Kelebihan Tinggal di Lantai Atas

Lantai Atas Apartemen - Lantai Apartemen Atas Atau Bawah

Keuntungan besar bagi seseorang yang tinggal di apartemen lantai atas adalah kondisi yang lebih tenang. Kamu tidak akan terusik oleh langkah kaki yang melewati unit apartemen milikmu. Lantai atas juga memberikan lebih sedikit interaksi dengan tetangga yang selalu ingin tahu. Dengan demikian, kamu akan bebas dari gangguan kenyamanan di apartemen.

Di lantai atas, kamu bisa membiarkan jendela terbuka sepanjang hari dan menikmati udara segar serta semilir angin. Dengan keadaan seperti ini, kamu akan lebih menghemat uang dan listrik.

Kondisi di lantai atas akan menyebabkan kamu tidak akan mendengar suara berisik dari area bermain anak atau suara bising kendaraan. Dan yang terpenting adalah kamu akan merasakan pemandangan yang indah dari jendela apartemen.

Dari uraian tersebut dapat disimpulkan beberapa kelebihan tinggal di lantai atas apartemen, seperti:

  • Suasananya tidak terlalu bising karena jauh dari pusat keramaian
  • Lebih bebas dari hama dan aman dari pencurian
  • Bisa mendapatkan lebih banyak sinar matahari
  • Mendapatkan pemandangan yang indah dan menarik
  • Bisa disewakan kepada orang lain dengan harga yang lebih mahal.
  • Tingkat privasi lebih tinggi.
  • Tidak terlalu membutuhkan pendingin ruangan
  • Tidak khawatir dengan kondisi banjir

Kekurangan Tinggal di Lantai Atas

Lantai Atas Apartemen - Lantai Apartemen Atas Atau Bawah

Meskipun lantai atas masuk dalam kategori aman, tak ada yang bisa menebak ketika terjadi bencana alam seperti gempa bumi. Selain itu, tinggal di apartemen lantai atas mempersulit proses evakuasi di kondisi darurat jika terjadi gempa dan kebakaran.

Bila ada salah satu anggota keluarga yang menyandang disabilitas, tinggal di lantai atas akan terasa sulit, terutama bila bangunan tidak dilengkapi fasilitas untuk penghuni berkebutuhan khusus. Beberapa kekurangan tinggal di lantai atas apartemen antara lain:

  • Proses evakuasi yang sulit
  • Saat cuaca panas, bisa membengkakkan anggaran karena penggunaan AC yang berlebihan.
  • Sulit memindahkan barang-barang yang berukuran besar.
  • Dampak tinggi terhadap masalah sistem seperti lift yang rusak.