Properti memang sejak lama dikenal sebagai instrumen investasi. Jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya, properti dianggap lebih minim risiko dan kemungkinan menghasilkan keuntungan lebih tinggi.

Namun berinvestasi properti tidak semudah yang dibayangkan, karena harus ada banyak hal yang harus diperhatikan. Tidak hanya itu, kita pun harus jeli menentukan jenis properti apa yang akan dijadikan investasi.

Ada beberapa jenis investasi properti mulai dari apartemen, rumah atau tanah. Namun akan dibahas jenis investasi  rumah di website Kami Martiansrealty

Kelebihan investasi rumah

Rumah merupakan jenis investasi yang paling populer, di Indonesia karena masyarakat lebih memilih tinggal di rumah jika dibandingkan dengan apartemen

Karena itu, jenis properti ini lebih mudah dijual ataupun disewa. Selain itu biasanya kenaikan harga jualnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan apartemen ataupun tanah.

Salah satu keuntungan investasi rumah adalah dapat dijadikan jaminan untuk mengambil kredit di bank. Namun dengan catatan, bahwa rumah tersebut berstatus Sertifikat Hak Milik (SHM).

Kekurangan investasi rumah

Bagi mereka para investor, jika memang menginginkan investasi rumahnya memiliki nilai jual yang tinggi harus membeli rumah di lokasi yang strategis, seperti dekat dengan sarana transportasi umum, pusat pendidikan ataupun pusat perbelanjaan.

Dan harga rumah di lokasi strategis tersebut pastinya akan lebih mahal, artinya bagii para investor yang memilih jenis properti rumah maka mereka harus mengeluarkan uang lebih untuk membelinya.

Jika Anda memilih untuk berinvestasi rumah, berarti juga harus rela mengeluarkan dana lebih untuk perawatan. Jika Anda berencana untuk menyewakan rumah, berarti Anda juga harus mencari penyewa yang bertanggung jawab, jika Anda tidak mau rumah rusak dan kotor.

https://www.medcom.id/properti/tips-properti/ob3e0A5K-catat-untung-rugi-investasi-rumah-dan-apartemen