Arsitek adalah orang yang paling berjasa dalam menghadirkan bangunan-bangunan yang ada. Bangunan itu mulai dari gedung-gedung perkantoran, bangunan untuk fasilitas umum, seperti museum, pusat perbelanjaan, bandara, stadion olahraga, rumah ibadah, jembatan, hingga bangunan untuk hunian.

Dunia arsitektur tumbuh dan berkembang juga berkat karya-karya seni bangunan yang dilahirkan oleh para arsitek tersebut. Sejak ratusan tahun lalu banyak masterpiece para arsitek yang mencengangkan dunia dan selalu menjadi referensi dalam memberikan inspirasi hingga masuk ke area arsitektur modern saat ini.

Yuk, kita mengenal sejumlah arsitek yang paling berpengaruh di dunia, beserta contoh mahakaryanya yang dikenal di seluruh dunia, khususnya untuk para arsitek, desainer interior-eksterior, hingga para pemerhati dan penikmat dunia arsitektur.

Louis Kanh

Arsitek asli Amerika ini meninggal pada tahun 1957. Ia cukup dominan di zamannya, dan dikenal dengan gaya monumental dan monolitik.

Profesor arsitek di University of Pennsylvania ini sukses merancang Phillips Exeter Academy Library, Jatiyo Sangshad Bhaban, Salk Institute, Indian Institute of Management, Yale University Art Gallery, Ahmedabad dan Kimbell Art Museum. Ia pun menyabet penghargaan RIBA Gold Medal dan juga AIA Gold Medal.

Le Corbusier

Arsitek asal Swiss ini menyukai pemakaian bahan beton dan baja canggih di dalam struktur rancangannya dan kurang suka dengan ornamen dekorasi non-struktural yang berlebihan. Ia dominan dalam pengembangan konsep gaya arsitektur internasional.

Pria yang pernah merancang Villa Savoye di Poissy, Unité d’habitation di Marseille, dan Villa La Roche di Paris ini pun berhasil menggoldol penghargaan AIA Gold Medal (1961) dan Grand Officiers of the Légion d’honneur (1964).

Zaha Hadid

Ini adalah satu-satunya arsitek wanita yang mampu berbicara banyak di kancah arsitektur dunia. Wanita kelahiran Irak ini juga merupakan arsitek wanita pertama yang meraih penghargaan The Pritzker Award.
Arsitek modern yang memiliki pendekatan futuristik yang ikonik ini bisa dinikmati melalui karya-karyanya yang sangat dikagumi yaitu Phaeno Science Center and The Opera House di GuangZhou dan Bersigel Ski Jump di Innsbruck.

Renzo Piano

Arsitek modern kelahiran Italia ini masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Time pada tahun 2008. Jadi, pengaruhnya diakui tidak hanya di lingkup dunia arsitektur saja. Bukti kehebatannya dalam urusan arsitektur, bisa dilihat dari masterpiece-nya, yaitu NEMO Science Center di Amsterdan, The New York Times Building di New York, dan Bandara Internasional Kansai di Osaka.

Tom Wright

Jika ada arsitek yang mampu mengguncangkan dunia hanya dengan satu karya desain bangunan saja, ia adalah Tom Wright. Mahakarya yang menjadikannya sebagai arsitek modern yang sangat terkenal dan diperhitungkan itu adalah Burj Al Arab yang berlokasi di Dubai.

Frank Gehry

Arsitek yang juga memiliki kekuatan pada karya ikonik di arsitektur modern adalah Frank Gehry. Keberaniannya dalam mengolah bentuk-bentuk destruktif yang anti-mainstream ini pun mendapatkan ganjaran berupa penghargaan Pritzker Award tahun 1989.

Walt Disney Concert Hall di Los Angeles, hingga Guggenheim Museum di Bilbao adalah bukti kehebatannya yang menjadi mahakarya yang bisa dinikmati kemegahannya hingga saat ini.

Ieoh Ming Pei

Asia memiliki wakil, seorang arsitek modern berdarah Tionghoa yang bernama Ieoh Ming Pei. Penerapan bentuk geometrik yang dipadu dengan budaya yang dimilikinya dalam karya desainnya dianggap sebagai terobosan yang menyegarkan dunia arsitektur.

Karya desain dari Ieoh Ming Pei adalah Le Grand Louvre (The Pyramid) di Paris, The National Gallery of Art di Washington D.C., dan Museum of Islamic Art di Doha.

Ludwig Mies van der Rohe

Mies, begitu ia lebih dikenal, dianggap sebagai salah satu pelopor di dunia arsitektur modern. Ia memperkenalkan konsep interior minimalis dan juga slogan “less is more”. Konsep dan slogan tersebut banyak dijadikan referensi oleh para arsitek muda saat ini.

Frank Lloyd Wright

Melalui satu karya desain bangunan yaitu Fallingwater Residence, mampu mengantarkan Frank Lloyd Wright sebagai sosok arsitek modern terbaik sepanjang masa. Pendekatan bentuk-bentuk natural dan organik hingga detail-detail inovatif yang ia terapkan pada karyanya, menjadikannya sebagai konsep terbaik yang terus bertahan hingga lebih dari 150 tahun. Wow!

Setelah mengenal sejumlah arsitek yang paling berpengaruh di dunia, selain wawasan menjadi bertambah, Anda mungkin saja tertarik menerapkan secuil ide dan konsep desain pada karya mereka ke rumah Anda. Mengapa tidak? Anda tinggal diskusikan dengan arsitek yang Anda tunjuk untuk bisa mewujudkannya.